Prinsip-prinsip komunikasi efektif

Standar

Sullivan & Decker (1992) menggambarkan tujuh prinsip yang dapat diadopsi oleh perawat perioperatif untuk berkomunikasi secara efektif:
1. Pengiriman informasi bukan merupakan komunikasi; komunikasi adalah interaksi saling berbagi dari partisipan dengan umpan balik dari penerima kepada pengirim.
2. Pengirim, bukan penerima, bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan ide-ide secara jelas.
3. Bahasa sederhana dan jelas yang berkenaan dengan pengalaman penerima (bukan pengirim) sebaiknya digunakan karena kelihatannya lebih mudah untuk dimengerti.
4. Umpan balik dianjurkan untuk memvalidasi keakuratan interpretasi dari pesan-pesan yang dikirim.
5. Kredibilitas pengirim mempengaruhi hasil yang diharapkan dari komunikasi; pengirim harus menunjukkan kredibilitas personal dan profesional melalui sikap yang dapat diperacya dan dapat diandalkan;dengan praktik yang kompeten; dan menerapkan keputusan, “Katakan apa yang kamu maksud dan artikan apa yang kamu katakan” (Sullivan & Decker, 1992)
6. Saluran komunikasi langsung mengurangi distorsi; semakin banyak individu yang menyaring pesan yang disampaikan, semakin besar kemungkinan terjadi kesalahan komunikasi;komunikasi dengean berhadapan langsung (face-to-face), bukan komunikasi secara tertulis atau telepon, mengurangi salah pengertian karena pengirim segera memberikan umpan balik dan dapat membaca ekspresi nonverbal penerima.
7. Pengenalan terhadap hal-hal lain adalah penting untuk komunikasi yang efektif;kontribusi yang didapatkan memperkaya pertukaran ide.
Gruendemann, Barbara J., fernsebner. 2005. Buku Ajar Keperawatan Perioperatif, Vol. 1 prinsip. Jakarta: EGC

Prinsip yang harus diterapkan oleh perawat dalam komunikasi:
1. Hindari komunikasi yangterlalu formal atau tidak tepat. Ciptakan suasana yanghangat dan kekeluargaan
2. Hindari interupsi
3. Hindari respon dengan kata hanya ya dan tidak (perawat kurang tertarik dengan topik yang dibicarakan)
4. Jangan memonopoli pembicaraan
5. Hindari hambatan personal (jika perawat menunjukkan rasa tidak denang pada klien, maka hasil yang di apat idak optimal)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s